NEWS UPDATE :  

Berita

Adab Anak Kepada Orangtua dan Cara Memuliakannya

Orangtua merupakan orang yang telah melahirkan dan menjaga kita sedari kecil. Orangtua adalah pendidik, pengayom, dan sosok yang seharusnya menjadi teladan bagi kita. Maka tak heran jika kita selalu diajarkan untuk bisa menyayangi mereka, saat hidup maupun saat mereka telah tiada.

Lalu apa saja adab kepada orang tua?
Berikut ini pembahasannya.

1. Berbuat baik pada kedua orangtua

Seorang anak juga mempunyai kewajiban yang tidak boleh ditinggalkan ataupun dilupakan, yakni berbuat baik kepada orangtua. Seperti adab kepada orangtua yang telah dijelaskan pada surat Alquran di atas dalam Al-Isra ayat 23.

Allah SWT berfirman:

{وَبِالْوَالِدَيْنِ إِحْسَانًا}

Artinya: Dan hendaklah kamu berbuat baik pada ibu bapakmu. (Al-Isra: 23)

Berbuat baik bisa dengan selalu membantu orangtua, bertutur kata dan berperilaku baik, menghormati orangtua, merawat mereka di hari tua, dan menyayangi mereka dengan tulus.


2. Bersyukur dengan keberadaan kedua orangtua


Rasa syukur yang dimaksud telah tertera pada Surat Luqman ayat 14

وَوَصَّيْنَا ٱلْإِنسَٰنَ بِوَٰلِدَيْهِ حَمَلَتْهُ أُمُّهُۥ وَهْنًا عَلَىٰ وَهْنٍ وَفِصَٰلُهُۥ فِى عَامَيْنِ أَنِ ٱشْكُرْ لِى وَلِوَٰلِدَيْكَ إِلَىَّ ٱلْمَصِيرُ

Artinya: "Dan Kami perintahkan kepada manusia (berbuat baik) kepada dua orang ibu-bapaknya; ibunya telah mengandungnya dalam keadaan lemah yang bertambah-tambah, dan menyapihnya dalam dua tahun. Bersyukurlah kepada-Ku dan kepada dua orang ibu bapakmu, hanya kepada-Kulah kembalimu."

Setiap umat Muslim dianjurkan untuk selalu bersyukur atas berkat dari Allah SWT serta keberadaan orangtua terutama ibu yang sudah melahirkan, mendidik, serta mengasuh sejak kecil. Hal itu bentuk tanda rasa syukur kepada kedua orangtua untuk memuliakannya selama masih hidup di dunia.


3. Berkata dengan sopan dan santun


Selain kita tidak boleh berkata kasar dan membentak orangtua, kita juga tidak boleh mengeluarkan perkataan ataupun perilaku yang buruk kepada kedua orangtua. Allah memberikan perintah kepada setiap umatnya agar berbuat baik dan berkata yang sopan kepada kedua orangtuanya.

Allah SWT berfirman:

{وَقُلْ لَهُمَا قَوْلا كَرِيمًا}

Artinya: "Dan ucapkanlah kepada mereka perkataan yang mulia." (Al-Isra: 23)

Perkataan yang mulia adalah tutur kata yang lemah lembut, penuh kasih sayang, dan rasa hormat.


4. Mengasihi orangtua


Adab kepada orangtua yang berikutnya adalah mengasihi kedua orangtua. Kamu bisa memberikan kasih sayang dan perhatian kamu kepada kedua orangtua, seperti mereka menyayangimu selagi masih kecil.

Bersikaplah rendah hati pada orangtua. Jangan merasa sombong, apalagi berada di atas orangtua, misalnya karena kamu memiliki pendidikan tinggi atau karier yang hebat. Bagaimanapun, kesuksesan yang kamu capai, sedikit banyak merupakan buah dari doa dan restu orangtua. Sudah sewajarnya kamu selalu mengasihi mereka.


5. Mendoakan orangtua


Seorang anak mempunyai kewajiban untuk mendoakan kedua orangtuanya supaya diberikan ampunan oleh Allah dan keberkahan umurnya selama hidup. Hal ini tercantum dalam Al-Qur’an surat Ibrahim ayat 41.

رَبَّنَا اغْفِرْ لِيْ وَلِوَالِدَيَّ وَلِلْمُؤْمِنِيْنَ يَوْمَ يَقُوْمُ الْحِسَابُ ࣖ

Artinya: "Ya Tuhan kami, ampunilah aku dan kedua ibu bapakku dan semua orang yang beriman pada hari diadakan perhitungan (hari Kiamat).” (QS. Ibrahim: 41)

Demikianlah delapan adab anak kepada orangtua yang menjadi kewajiban kamu agar bisa dijalankan dengan baik. Ketika orangtua sudah lanjut usia sudah menjadi kewajiban kita semua untuk menjaga dan merawatnya. Saat mereka meninggal pun, kita harus terus mendoakan mereka.

KEGIATAN TERBARU

Keceriaan Market Day SDIT Bina Cendekia Kota Depok

Pemenang Lomba Semarak Maulid Nabi

Semarak Maulid Nabi 1444 H