Cara Mengunakan Google Meet
Cara Mengunakan Google Meet menggunakan PC
a. Masuk ke situs ini (https://meet.google.com/)
lewat browser Chrome, Mozilla Firefox, Microsoft Edge atau Safari
b. Klik “Join or Start a Meeting”
c. Tulis judul meeting atau kode rapat agar tidak
ada partisipan yang salah join (kamu juga bisa mengosongkannya apabila tidak
dibutuhkan)
d. Situs akan meminta izin untuk mengakses kamera
dan mikrofon. Setelah diberi izin, kamu bisa langsung mengklik opsi “Join
e. Now” untuk membuat ruang meeting virtual atau
“Present” untuk melakukan presentasi lewat tampilan layar personal computer
(PC)
f. Jika ruang meeting virtual sudah siap, sobat
bisa undang partisipan meeting lainnya dengan copy paste link video conference
tersebut atau tambahkan orang menggunakan alamat email dan tunggu mereka
bergabung ke dalam conference.
Menggunakan Google Meet dengan Handphone
1. Pertama-tama, download terlebih dahulu
aplikasi Google Hangouts Meet di Play Store Android kamu (atau kamu bisa download
di https://play.google.com/storea/apps/details?id=com.google.android.apps.meetings&hl=in )
2. Setelah selesai download, selanjutnya kamu
akan diminta untuk Sign Up menggunakan email Gmail
3. Setelah Sign Up, kamu bisa langsung melakukan
percakapan kelompok baik itu group chat maupun video conference. Caranya mudah,
cukup klik ikon (+) di bagian pojok kanan bawah dan pilih “New Video Call”
4. Selanjutnya, kamu pun akan diminta untuk
menambahkan partisipan chat menggunakan nomor HP atau email. Apabila kamu ingin
menambahkan partisipan chat menggunakan nomor HP, undangan conference akan
dikirim lewat SMS. Sementara jika menggunakan email, maka undangan akan masuk ke
Inbox email.
5. Tunggu hingga semua orang yang diundang masuk
ke dalam conference itu
6. Jika kamu adalah partisipan yang diundang oleh
penyelenggara meeting virtual, kamu cukup mengklik link yang dikirim lewat
email atau SMS. Setelah itu, kamu akan secara otomatis bergabung dalam video
conference tersebut.
7. Sebagai catatan bahwa orang yang tidak
diundang ke dalam conference atau yang tidak memiliki akun G Suite, ketika
ingin bergabung harus mendapatkan persetujuan dari partisipan yang telah
bergabung. Hal ini dilakukan untuk menghindari adanya penyusup di meeting yang
sedang diselenggarakan.