NEWS UPDATE :  

Berita

Membuat Karya Dapat Mengembangkan Aspek Seni Siswa Di Sekolah

 

Aktivitas untuk mengembangkan aspek seni pada ananda bisa dilakukan melalui berbagai kegiatan. Bahkan Bunda bisa mengajak ananda melakukan aktivitas ini di rumah. Seperti yang diketahui, aspek seni berperan penting dalam tumbuh kembang ananda. Melalui aktivitas seni, ananda bisa lebih berpikir kreatif dan fokus.

Selain itu, aktivitas seni juga bisa membangun kerja sama dan tanggung jawab pada ananda. Terdapat berbagai aktivitas yang bisa Bunda terapkan untuk mengembangkan aspek seni pada ananda, 6 diantaranya sebagai berikut.   

 

1. Coretan Krayon

Coretan krayon merupakan salah satu aktivitas untuk mengembangkan aspek seni pada ananda. Aktivitas ini bisa meningkatkan imajinasi dan kreativitas pada ananda. Selain itu, untuk membuat goresan menggunakan krayon tentu diperlukan koordinasi mata dan otot halus tangan.

Sehingga, secara perlahan ananda akan belajar untuk memegang pensil atau krayon dengan benar. Peralatan yang harus disiapkan untuk aktivitas ini juga sangat mudah, yaitu cukup siapkan krayon atau pensil warna dan satu lembar kertas putih. Kemudian minta ananda untuk menggambar bebas di seluruh permukaan kertas.

 

2. Warnai Gambar

Selain menggambar, aktivitas yang bisa dilakukan untuk mengembangkan aspek seni pada ananda yaitu dengan cara mewarnai. Sama seperti aktivitas menggambar, mewarnai juga bisa meningkatkan imajinasi dan kreativitas ananda.

Peralatan yang harus disiapkan pun cukup mudah, yaitu menyiapkan gambar tanpa warna dan krayon atau pensil warna. Kemudian minta ananda untuk mewarnai gambar tersebut sesuai keinginannya.

 

3. Buat Karya Seni Mosaik

Aktivitas untuk mengembangkan aspek seni pada ananda usia dini juga bisa dilakukan dengan membuat karya seni mosaik. Aktivitas ini bisa meningkatkan konsentrasi dan kreativitas pada ananda. Hal ini karena karya seni bergaya mosaik ini diperlukan konsentrasi agar bisa menghasilkan karya yang menarik. Agar bisa membuat karya seni mosaik, Bunda hanya perlu menyiapkan satu lembar kartu stok, lem kertas, dan kertas warna-warni.

Kemudian buat sketsa sederhana, misalnya membuat gambar bunga di kartu stok. Setelah itu siapkan kertas warna-warni dan potong berbentuk kotak-kotak kecil. Setelah potongan siap, tempelkan pada gambar bunga yang sudah dibuat di kartu stok menggunakan lem kertas.

 

4. Bermain Play Dough

Aktivitas untuk mengembangkan aspek seni pada ananda yaitu dengan bermain play dough. Play dough merupakan lilin lunak berwarna yang bisa digunakan untuk merangsang motorik halus ananda. Caranya yaitu dengan meremas dan membentuk play dough menjadi berbagai bentuk, seperti bentuk binatang atau manusia.

Saat bermain play dough, maka otot-otot tangan dan mata akan berkoordinasi, sehingga bisa berkembang dengan baik. Bunda bisa mendapatkan play dough dengan membelinya di toko mainan ananda. Namun jika ingin ananda bermain play dough lebih aman tanpa khawatir terpapar bahan kimia, maka Bunda bisa membuatnya sendiri.

Bahan yang disiapkan untuk membuat play dough antara lain tepung terigu, tepung kanji, garam, minyak goreng, dan air. Campur semua bahan hingga membentuk adonan seperti play dough, kemudian tambahkan pewarna makanan agar terlihat lebih menarik.

 

5. Berkreasi dengan Origami

Berkreasi menggunakan origami  juga menjadi cara tepat untuk meningkatkan aspek seni pada sisw. Bunda bisa mengajak ananda melipat origami menjadi bentuk-bentuk menarik, seperti membuat baling-baling, hewan dan masih banyak lagi.

 

6. Berkreasi dengan Manik-manik

Aktivitas untuk mengembangkan seni pada ananda yaitu dengan berkreasi menggunakan manik-manik atau meronce. Peralatan yang disiapkan yaitu manik-manik dengan berbagai motif, tali, dan gunting.

Setelah semua peralatan siap, ajak ananda membuat berbagai kreasi dari manik-manik, misalnya membuat kalung, gelang, atau strap masker. Aktivitas ini bisa meningkatkan kreativitas dan konsentrasi pada ananda. Selain itu, berkreasi dengan manik-manik atau meronce juga bisa melatih kekuatan otot-otot jari tangan.

 

Terdapat berbagai aktivitas untuk mengembangkan aspek seni pada ananda, mulai dari menggambar hingga berkreasi dengan manik-manik, Aktivitas di atas merupakan aktivitas menyenangkan dan mudah dilakukan. Selain itu, aktivitas tersebut juga bisa merangsang motorik halus dan meningkatkan kreativitas pada ananda.

 

KEGIATAN TERBARU

Keceriaan Market Day SDIT Bina Cendekia Kota Depok

Pemenang Lomba Semarak Maulid Nabi

Semarak Maulid Nabi 1444 H