NEWS UPDATE :  

Berita

Persiapan Sekolah Tatap Muka Tahun 2021, Berikut Tips dari WHO!

Setelah diizinkan pembukaan kembali sekolah oleh Menteri Pendidikan dan Kebudayaan, Nadiem Makarim yang akan dilakukan mulai Oktober 2021, banyak pihak melakukan berbagai persiapan guna menyambut kembalinya para siswa ke sekolah.


Bukan tanpa alasan berbagai persiapan dilakukan, ini guna memastikan semua protokol kesehatan yang diperlukan para siswa nantinya sudah berjalan baik dan bisa digunakan sebagaimana mestinya.

Meski berbagai persiapan sekolah tatap muka telah dilakukan, masih banyak orangtua yang tak menyetujui pembukaan kembali sekolah di tengah pandemi. Hal ini karena banyak dari orangtua yang merasa khawatir akan keselamatan anak mereka.

Lantas, apa yang bisa orangtua dan siswa lakukan menyambut pembukaan kembali sekolah di tengah pandemi? Nah, berikut ini tips yang diberikan WHO untuk para orangtua dan siswa yang akan kembali ke sekolah.

Disimak baik-baik yuk tips persiapan sekolah tatap muka berikut ini!

1. Tips yang bisa dilakukan orangtua

Berikut tips yang bisa Bunda dan Ayah lakukan dalam mempersiapkan sekolah tatap muka yang akan dimulai pada Oktober 2021 mendatang. Diantaranya adalah:

  • Pantau kesehatan anak bunda dan jauhkan mereka dari sekolah jika mereka sedang dalam keadaan tidak sehat.
  • Jadi panutan bagi anak dalam menerapkan protokol kesehatan dengan selalu menggunakan masker ketika keluar rumah, mencuci tengan dengan sabun dan air mengalir sesering mungkin, selalu memastikan air minum dan toilet di rumah bersih, memastikan lingkungan rumah bersih dan bebas dari sampah, mengajarkan anak untuk batuk dan bersin menggunakan tisu atau sikunya, dan menghindari menyentuh wajah, mata, mulut, hidung.
  • Bantu anak untuk mengungkapkan perasaan yang sedang mereka rasakan guna menghindari terjadinya stres. Jika anak mudah stres, maka imun tubuhnya pun akan menurun dan lebih mudah terserang penyakit.
  • Jangan termakan berita palsu atau hoaks. Sebagai orangtua, cobalah mencegah stigma tentang Covid-19 dengan menggunakan fakta dari sumber terpercaya agar anak dapat mempertimbangkannya juga.
  • Berkoordinasi dengan pihak sekolah untuk mempersiapkan kembalinya anak ke sekolah, dan tanya apa yang bisa Bunda dan Ayah lakukan dalam mendukung upaya keamanan dan keselamatan anak di sekolah.

2. Tips yang bisa dilakukan siswa atau anak-anak

Sebelum mengetahui langkah apa saja yang bisa anak lakukan dalam mempersiapkan diri kembali ke sekolah, anak perlu lebih dulu memahami informasi dasar sesuai dengan usianya terkait virus Covid-19 yang tengah mewabah ini.

Itu termasuk dengan gejala, komplikasi, cara penularan, dan cara mencegah penularan virus tersebut. Bunda bisa memberi tahu anak informasi mengenai Covid-19 melalui sumber terpercaya seperti UNICEF, WHO dan kementerian kesehatan nasional. Waspadai selalu informasi palsu yang mungkin beredar secara online.

Kemudian, setelah anak mengetahui informasi dasar seputar Covid-19, berikut tips yang bisa mereka lakukan dalam menyambut pembukaan kembali sekolah tatap muka:

  • Normal jika anak merasa sedih, kecewa, stres disituasi seperti ini. Ajak anak untuk berani mengungkapkan perasaannya pada orang disekitarnya seperti orangtua, guru, atau temannya.
  • Selalu menjaga kesehatan diri dan sekitar dengan menggunakan masker ketika berada di lingkungan sekolah, sesering mungkin mencuci tangan dengan air mengalir dan sabun, atau menggunakan hand sanitizer berbasis alkohol, selalu pastikan untuk tidak menyentuh bagian wajah, dan tidak berbagi alat makan dan makanan kepada teman-teman di sekolah.
  • Jadilah pemimpin dalam menjaga kesehatan diri di sekolah atau di rumah. Misalnya dengan berbagi pengetahuan tentang Covid-19 dengan keluarga atau teman, namun tetap menurut sumber terpercaya ya! Selain itu, mempraktikan contoh baik seperti seperti bersin atau batuk menggunakan tisu atau pada bagian siku.
  • Jangan menstigmatisasi teman atau orang sekitarnya yang sedang sakit. Perlu diingat bahwa virus Covid-19 tak mengenal batasan geografis, etnis, usia, kemampuan atau jenis kelamin.
  • Beri tahu orangtua jika ada anggota keluarga lain atau pengasuh sedang tidak sehat. Pastikan untuk tetap berada di rumah jika dalam keadaan seperti itu.

Nah, itu dia tips-tips dari WHO yang bisa dilakukan baik dari pihak sekolah, orangtua, ataupun siswa yang bersangkutan dalam persiapan tatap muka. Semoga informasinya bermanfaat dan tetap jaga kesehatan keluarga Bunda selama pandemi ini ya!


Penulis : Ninda Anisya

https://www.popmama.com/big-kid/6-9-years-old/ninda/persiapan-sekolah-tatap-muka-berikut-tips-dari-who/6

 

KEGIATAN TERBARU

Keceriaan Market Day SDIT Bina Cendekia Kota Depok

Pemenang Lomba Semarak Maulid Nabi

Semarak Maulid Nabi 1444 H